Jurnalisme Multimedia

Foto saya
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Jumat, 20 September 2019

Memperingari 10 Muharram 1441 H




TRADISI MAKAN BUBUR ASYURA
Makan Bubur Asyura Bersama

Banjarbaru- Yayasan Qardhan Hasana kembali mengadakan tradisi makan bubur asyura bersama, yang rutin diadakan tiap tahunnya dalam rangka merayakan 10 Muharram, yang juga disebut sebagai hari Asyura. Tradisi makan bubur asyura bersama sudah berlangsung selama ± 10 tahun,  pada awal dibangun Yayasan Qardhan Hasana. Tradisi ini diikuti oleh keluarga besar Yayasan Qardhan Hasana, baik oleh pengelola Yayasan Qardhan Hasana, peserta didik tingkat SD-IT, SMP-IT, maupun SMA-IT Qardhan Hasana, serta para Ustadz/ah dan seluruh staf yang bergabung dalam Yayasan Qardhan Hasana.

Tradisi makan bubur bersama pada bulan Muharram ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengingat sejarah Islam pada masa lampau. Peristiwa penting yang mengingatkan perjalanan para Nabi dalam berdakwah. Peristiwa yang tercatat dalam sejarah Islam, yaitu peristiwa Nabi Musa diselamatkan dari Fira’un, Nabi Adam As. diterima taubatnya, Nabi Yunus As. keluar dari perut paus dalam keadaan selamat, Nabi Ibrahim As. selamat dari api yang membakarnya, dan peristiwa bersejarah lainnya.

“Tujuan diadakannya kegiatan makan bubur asyura bersama ini untuk bersyukur kepada Allah SWT dengan berbagi rezeki  dan mentadaburi peristiwa yang terjadi pada bulan Muharram” tutur Ustadzah Etya Amalia, selaku pengelola Yayasan Qardhan Hasana. Pada pelaksanaannya para ustadz/ah saling bantu membantu untuk menyiapkan hidangan bubur asyura. Seluruh peserta didik saling bergilir untuk memperoleh bubur asyura yang dihidangkan oleh ustadz/ah yang bertugas. Tawa ceria dan suasana hangat tergambar dari setiap wajah peserta didik yang sedang menyantap bubur asyura dengan lahap.

Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada seluruh keluarga besar Yayasan Qardhan Hasana. Aamiin ya Rabb.

Penulis: Fatimah Az Zahra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juara 1 PIK-R SMA IT Qardhan Hasana

Team PIK-R SMA-IT Qardhan Hasana Mendapat Juara 1 d alam Pentas Seni Salam Gendre Anggota PIK-R SMA IT Qardhan Hasana  Banjarbaru...