Jurnalisme Multimedia

Foto saya
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Kamis, 10 Oktober 2019

Kerugian Manusia Terhadap Waktu


Assalamualaikum  Warahmatullah Wabarakatuh



بَعْدُ أَمَّا أَجْمَعِيْنَ وَصَحْبِهِ اَلِهِ وَعَلَى وَالْمُرْسَلِيْنَ  أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ عَلَى وَالسَّلاَمُ وَالصَّلاَةُ الْعَالَمِيْنَ  رَبِّ للهِ  الْحَمْدُ

Yth. Pengurus Yayasan Qardhan Hasana Banjarbaru
Yth. Kepala SD-IT, SMP-IT ,SMA-IT Qardhan Hasana Banjarbaru yang berbahagia.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan nikmat dan karunianya sehingga dapat bertemu,bertatap muka dan berkumpul di masjid Qardhan Hasana yang insya Allah penuh berkah ini.

Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang mana telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang ini,  yang diterangi iman, islam, dan ihsan. Perkenanlah saya untuk menyampaikan tausiyah yang berjudul: KERUGIAN MANUSIA TERHADAP WAKTU

Waktu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, karena waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali lagi. Marilah kita manfaatkan waktu yang ada pada saat ini dengan sebaik-baiknya. Dan juga kita seorang pelajar berusaha membiasakan diri untuk melakukan kewajiban kita sebaik-baiknya. Mestinya seorang pelajar juga berusaha untuk berdisiplin memanfaatkan waktu dan kesempatan  sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Dari Amru bin Maimun bin Mahran sesungguhnya Nabi Muhammad Saw berkata kepada seorang pemuda dan menasehatinya, “Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, (5) hidupmu sebelum matimu.

Waktu sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagaimana Allah telah berfirman dalam surah dalam surah Al-Ashr ayat 1-3


(٣)بِالصَّبْرِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا الصَّالِحَاتِ وَعَمِلُوا آمَنُوا الَّذِينَ إِلا (٢)خُسْرٍ لَفِي الإنْسَانَ  إِنَّ (٢)وَالْعَصْرِ (١)

Artinya :
“ Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar- benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-Ashr ayat 1-3)

Teman teman ku sekalian …..
Allah telah bersumpah demi masa ,demi waktu ,demi zaman bahwa manusia itu berada dalam kerugian. Ada 4 orang yang tak akan merugi, yaitu:

Orang-orang yang beriman
Yaitu orang yang meyakini dalam hatinya bahwa Allah itu ada, mengucapkan kalimat Allah dengan lisannya dan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Orang-orang yang beramal saleh
Amal saleh tidak hanya beribadah secara ritual saja, namun tolong menolong sesama manusia saja termasuk amal sholeh. Kita hidup di dunia ini hanya untuk beribadah kepada Allah dan untuk mencapai kebahagiaan kita di dunia dan di akhirat.

Orang-orang yang menasehati dalam kebenaran
Apabila kita menyampaikan nasehat/dakwah hendaknya didasarkan dengan kebenaran yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadist. Sebab, apabila kita menyampaikan nasehat/dakwah tanpa ada dalil dari Al-Qur’an dan Hadist maka orang lain tidak akan mempercayai nasehat yang kita samapaikan.

Orang-orang yang menasehati dalam kesabaran
Apabila orang lain tidak mau menerima nasehat kita, sebaiknya kita harus bersabar dalam menghadapinya, supaya orang lain tidak menganggap kita memaksanya untuk menerima nasehat tersebut.

Jadi, marilah kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar kita dapat mencapai kebahagian di dunia dan di akhirat.
Mungkin hanya ini Tausiyah yang dapat saya sampaikan, salah khilaf mohon maaf, dan yang terakhir saya ucapkan (salam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juara 1 PIK-R SMA IT Qardhan Hasana

Team PIK-R SMA-IT Qardhan Hasana Mendapat Juara 1 d alam Pentas Seni Salam Gendre Anggota PIK-R SMA IT Qardhan Hasana  Banjarbaru...