Jurnalisme Multimedia

Foto saya
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Senin, 28 Oktober 2019

Market Day SMA IT Qardhan Hasana



                                                        ~ HAPPY MARKET DAY ~

BANJARBARU – Kamis (24/10/2019) SMA IT Qardhan Hasana berpartisipasi dalam kegiatan Market Day. Bertempat di Lapangan Basket Qardhan Hasana kegiatan yang diselenggarakan oleh SD IT Qardhan Hasana Banjarbaru ini  dimulai sejak pukul 09.00 WITA s.d pukul 12.30 WITA. Dibuka langsung oleh pengurus Yayasan Qardhan Hasana, “kegiatan market day diharapkan dapat menjadi ajang bagi peserta didik untuk berlatih menjadi wirausaha muda yang islami” tutur Ehda Fauzana SE.MM selaku perwakilan dari pengurus Yayasan Qardhan Hasana.

Dengan tahap persiapan kurang lebih satu minggu, kegiatan market day sukses mencapai tujuan yang diharapkan. Seluruh peserta didik berpartisipasi aktif baik sebagai pedagang maupun pembeli. Khususnya bagi peserta didik SD IT Qardhan Hasana yang baru dikenalkan dengan hitungan (matematik) tentu kegiatan ini menjadi cerita tersendiri. “Sedikit bingung dengan bagaimana bayarnya, tapi senang karena banyak yang bisa dibeli dan harganya murah-murah”, tutur Safika salah seorang pembeli dari kelas 4 SD IT Qardhan Hasana.
Kegiatan Market Day di SMA IT Qardhan Hasana

“Dalam kegiatan ini kami belajar bagaimana cara berwirausaha dan bekerjasama dengan baik dalam sebuah tim. Kami juga belajar untuk bertanggung jawab dalam mengelola dagangan kami, baik itu rincian pemasukan, pengeluaran (modal), hingga laba (keuntungan) yang kami peroleh” Anisa kelas XII MIPA 1 SMA IT Qardhan Hasana menuturkan tanggapannya saat ditanya hal posisif apa yang diperoleh melalui kegiatan ini.

Ditengah cuaca yang cukup terik, seluruh peserta didik tetap antusias melaksanakan transaksi jual-beli. Zaida Maliya, S.Pd salah seorang pengajar PKWU di SMA IT Qardhan Hasana menyampaikan harapannya “melalui stand-stand yang ada semoga pada kegiatan berikutnya anak-anak bisa semakin mengerti bagaimana prinsip kewirausahaan yang baik. Ditambah dengan nilai-nilai islami seperti yang sudah diajarkan Rasulullah saw. tentang proses jual-beli dalam Islam, seperti adanya akad dalam jual beli, tidak boleh curang saat menjual barang, juga tidak menjual barang dengan harga diluar batas wajar demi memperoleh keuntungan yang besar.

Selain menekankan pada aspek jual-beli, kegiatan ini juga mengajarkan kepada peserta didik untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan dengan cara menjual makanan dan minuman tanpa kemasan (plastik). Setiap pembeli diajak untuk membawa botol minum dan tempat makan sendiri. Di sekitar stand juga disediakan kursi-kursi agar setiap pembeli dapat menikmati makanan dan minumannya sesuai dengan sunnah (duduk). Selain itu, makanan sehat yang tidak mengandung pengawet ataupun pewarna juga menjadi penegasan dalam kegiatan ini.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juara 1 PIK-R SMA IT Qardhan Hasana

Team PIK-R SMA-IT Qardhan Hasana Mendapat Juara 1 d alam Pentas Seni Salam Gendre Anggota PIK-R SMA IT Qardhan Hasana  Banjarbaru...