Jurnalisme Multimedia

Foto saya
Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Jumat, 06 September 2019

Cerpen Bulan Muharram (by X MIPA 3)


Aku  saya
 Bulan Muharram

P
agi itu aku terbangun karena lantunan adzan subuh yang sangat merdu. Mataku masih mengantuk, tapi tetap kucoba untuk bangun dan bersiap-siap untuk shalat. Setelah itu, aku bersiap-siap berangkat sekolah dan melaksanakan kewajibanku di sekolah tercinta,  SMA-IT Qardhan Hasana.

Aku bersama teman-temanku yang lain melaksanakan kegiatan rutin kami hingga masuk waktu dhuha. Pada saat itu kebetulan kami sedang halangan (haid) sehingga tidak bisa ikut sholat dhuha. Kami beristirahat lebih dahulu sementara yang lain melaksanakan sholat dhuha, artinya kami lebih dulu memasuki waktu yang paling berbahaya dari waktu-waktu yang lain di sekolah. Ya! Waktu istirahat adalah waktu paling berbahaya di sekolah, karena saat waktu istirahat tiba kami memiliki banyak kesempatan melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, yaitu Ghibah atau Gosip.

Tak terasa karena asik mengghibah waktu istirahat ternyata telah berakhir. Kemudian kami kembali ke kelas dengan menaiki tangga. Tepat saat menaiki tangga ada beberapa siswa yang sedang membahas ceramah pada saat sholat dhuha tadi. “Ceramahnya tadi bagus ya” kata seorang siswa ke teman-temannya, “Ya! Ceramah tentang tahun baru islam kan?” balas temannya, “Resolusiku sih, buat tahun depan, semoga bisa menghapalkan 3 juz Al-Qur’an, juga merubah sifat menjadi lebih baik, dan semoga dosa-dosaku di tahun ini di ampuni” kata seorang siswa lainnya.
           
Tiba-tiba pikiran aku terdiam, memikirkan kata-kata para siswa itu, bahkan sampai pulang sekolah. Bagaimana tidak, aku terpikir tentang dosa-dosaku yang telah lalu. Saat itu, tepat sebelum tanggal 1 Muharram, saat melaksanakan sholat magrib, aku meminta ampun kepada Allah atas semua dosa-dosaku. Suasana terasa berbeda dari biasanya, sangat hening dan tenang, aku merasa seperti sangat dekat dengan Allah SWT.
           
Aku takut dan senang disaat yang bersamaan, takut akan siksaan Allah, dan senang atas berkah dan rahmat Allah yang telah diberikan kepadaku. Pada saat sujud aku berdoa di dalam hati “Semoga aku tetap bisa merasakan rasa ini lagi dan dapat berjumpa lagi dengan bulan Muharram ini dengan iman ini yang tetap di hati.”




Editor: Ahmad Syakir Hadani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Juara 1 PIK-R SMA IT Qardhan Hasana

Team PIK-R SMA-IT Qardhan Hasana Mendapat Juara 1 d alam Pentas Seni Salam Gendre Anggota PIK-R SMA IT Qardhan Hasana  Banjarbaru...